Pages

Monday 15 April 2013

[ Dongeng ] Muka si Tukang Daging

Muka Si Tukang Daging

Ch’ien Meihsi mencatat cerita tentang Hsueh Ch’ingkuan, seorang tukang jagal kambing. Dia menjalankan toko kecilnya sendiri yang menjual kambing dan sup kambing. Kelezatan sup kambingnya yang terkenal menyebar luas membawa banyak pelanggan. Beberapa orang bahkan melakukan perjalanan berhari-hari untuk memakan supnya, dan mereka semua pulang dengan puas.
Dengan usaha seperti itu, Hsueh menjadi kaya dalam waktu singkat.
Beberapa temannya yang beragama Buddha memberitahu kepadanya untuk tidak membunuh lebih banyak kambing. “Kau telah menghasilkan cukup uang. Jangan serakah. Kita bukan binatang buas di hutan. Membunuh hewan adalah kejahatan serius terhadap alam. Kau tidak dapat lolos darinya. Cepat atau lambat perbuatan burukmu akan dibalas, dan saat itu tidak peduli berapa banyak pun uang yang kau miliki, tidak akan berguna.”
“Hsueh, mengapa kau tidak menggunakan uangmu untuk diinvestasikan ke jenis usaha yang lain? Kau tetap dapat menghasilkan banyak uang, dan pada saat yang sama kau dapat bertobat dan melakukan perbuatan-perbuatan baik untuk memperbaiki segala kejahatanmu. Kalau tidak, kau akan berada dalam kesulitan, bahkan anak cucumu akan terkena akibatnya.”
Tidak ada orang yang suka mendengar nasihat baik. Hsueh hanya mendengus dan bersikap meremehkan, “Saya terlalu pintar untuk percaya pada dongeng nenek-nenek. Jangan berpikir kau bisa menakut-nakutiku dengan dongeng-dongeng ini! Kejahatan terhadap alam! Tidak masuk diakal!”
Ketika Hsueh berumur empat puluh tahunan, dia terkena penyakit aneh. Mulutnya mulai menggelayut ke depan, dan dagunya memanjang. Pandangan matanya bodoh. Sungguh, dia kelihatan seperti seekor kambing!
Tidak lama kemudian semua orang di sekitar rumahnya mengetahui kalau Hsueh Ch’ingkuan kelihatan seperti seekor kambing. Mereka semua datang untuk melihatnya sendiri. Mereka tidak mengatakan apa-apa kepadanya, tapi setiap hari, orang-orang datang untuk melihat Hsueh. Kemudian mereka akan berpaling pada teman-teman mereka dan saling berbisik-bisik dan menganggukkna kepala. Hsueh sebentar saja sudah capek diperlakukan demikian! Tidak ada dokter yang bisa menolongnya, tetapi mereka semua setuju, dia kelihatan seperti kambing!
Hsueh amat frustasi sampai-sampai dia berpikir dia akan menjadi gila, tapi dia terlalu angkuh untuk mengakui kalau dia mungkin telah bersalah. Dia menolak untuk mengakui bahwa mungkin dia seharusnya tidak membunuh begitu banyak kambing.
Akhirnya, dalam sebuah perjalanan bisnis ke Anhui, dia jatuh ke sungai dan tenggelam. Tidak ada yang menemukan mayatnya.
Hal yang menyedihkan adalah mestinya Hsueh tidak usah menderita malu dan mati mendadak. Jika dia tidak sedemikian serakahnya dan lebih bersedia untuk mempertimbangkan kata hatinya, dia dapat hidup lama dan bahagia.
Tetapi uang, kebodohan, dan kekeraskepalaan lebih berharga untuknya daripada kebahagiaan, kesehatan, dan kebijaksanaan.

Newer Post Older Post Home

0 comments:

Post a Comment

W A R N I N G !
Diharapkan komentar anda tidak mengandung unsur :
- Pornografi atau penghinaan
- Spam Comments
- Anda boleh membagi Link yang aktif , tetapi berikanlah link ke Chat Box
Diharapkan untuk menggunakan Google Account dalam berkomentar :)